28 Juni 2016

#cumangomong Tips dan Trik Memperbesar Peluang Menang Kuis Buku (Giveaway)


#BerkahRamadhan #TipsDanTrikMenangKuisBuku



Alhamdulillah bulan ini dapat rezeki berupa menang kuis 4 kali dari penerbit buku dan toko buku. Bulan lalu aku memenangkan 5 kuis buku dari blog, twitter, dan instagram. 
Lama kelamaan aku merasa jadi kuis hunter, padahal nggak lho. Aku jarang sekali benar-benar berniat mencari kuis dan mengikutinya. Kebanyakan sih informasi tersbut berseliweran di timeline begitu buka medsos. Lihat ada info menarik, aku buka, lihat, baca, dan akhirnya tertarik, ya aku ikutan. Tapi, kalau tidak ya tentu aku lewatkan begitu saja. Hehehe...

Nah, ini nih kuis yang aku menangkan (kebetulan keempatnya kuis di Instagram):

a. Kuis #GaraGaraBuku oleh Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) - Hadiahnya pilih buku apapun yang kita inginkan.
b. Kuis #TruAndNelleGiveaway oleh Penerbit Noura (Noura Books) - Hadiahnya dua buku Tru dan Nelle.
c. Kuis #TadarusBuku oleh Penerbit Mizan - Hadiahnya paket buku dari Penerbit Mizan
d. Kuis inspirasi #BacaBuku15Menit oleh TB Gramedia (@GramediaBooks) - Hadiahnya voucher Gramedia sebesar 500 ribu.

Sebagai pecinta buku dan membaca, apalagi beberapa bulan ini kesenangan membaca semakin menjadi-jadi, beberapa kali aku berpartisipasi kuis buku (giveaway) dari blogger atau yang diselenggarakan langsung oleh penerbit buku.

Kembalinya semangat membaca ini mungkin disebabkan karena pikiranku perlu dialihkan dan diasup dengan hal-hal yang membangkitkan imajinasi dan hal yang menyenangkan. Maklum, keadaan yang aku hadapi sekarang lebih menguras pikiran dan tenaga sehingga butuh penyegaran dan pelarian pikiran biar lebih fresh :)

Karena alasan tersebut maka di sela-sela waktu luang, aku menyempatkan diri mengikuti kuis tersebut (yang kebanyakan sih ikutnya mepet menjelang batas waktu berakhir).
Oh, iya! Kebanyakan kuis tersebut berupa foto kreasi sendiri.

Oleh karena itu, aku ingin berbagi tips (ala Habibi) jika ingin mengikuti kuis-kuis buku atau kuis apapun. Tips atau kiat-kiat ini aku terapkan untuk memperbesar peluang untuk menang. Sebagian besar sih tentu saja berasal dari pengalaman yang pernah aku lakukan (dan berhasil!)

Berikut tips dan triknya:

a. Jika ingin ikut kuis, maka niatkanlah untuk menang.
Jangan berniat hanya sekadar ikut dan meramaikan. Kalau kamu berniat seperti itu, lebih baik tidak usah ikut karena hanya membuang waktu dan tenaga. Dengan niat untuk menang, maka kamu pun akan semakin serius untuk mengeluarkan ide-ide kreatifmu sehingga kesempatan untuk bersaing dan menang semakin besar.

b. Cari ide yang unik dan lain daripada yang lain.
Aku mengakui bahwa hasil karya yang aku kirimkan bukanlah yang terbaik dengan kualitas yang paling bagus serta teknik yang memukau (terutama untuk foto). Selama ini aku mengandalkan keunikan yang bebeda dari peserta lain.
Aku mencari dan menampilkan sesuatu yang unik, lain daripada yang lain, disertai caption yang juga unik serta menarik yang membuat orang merasakan suatu ketertarikan akan karya kita.
Jangan takut akan karya yang sederhana, karena justru kesederhanaan itulah nilai lebihnya.

Aku pernah mengikuti lomba "Ayo Bawa Bekal" yang diadakan oleh Gramedia Pustaka Utama dan Tupperware id dengan tantangan mengirimkan foto bekal dengan wadah tupperware.
Aku memang berniat ikut dan maunya sih menang. Aku melihat hasil karya peserta lain. Sungguh pada saat itu aku merasa kecil hati karena aku belum ada ide sama sekali (ada sih sebenarnya, yaitu mie goreng dengan telur rebus dicampur abon dan lauk kering dari rumah).
Hasil karya peserta lain begitu luar biasa. Makanan yang mereka sajikan enak-enak, foto-nya keren-keren layaknya melihat makanan di buku resep. Pokoknya sudah pasrah deh.
Akhirnya, di hari terakhir aku mengirimkan foto hasil karyaku berupa menu ide di atas (mie goreng) di dalam wadah tupperware kecil berwarna merah, ditambah botol minum merah, dan buku GPU bersampul merah.
Aku berpikir, hei ini adalah lomba yang di adakan GPU, maka aku akan mengambil hati juri dengan menambahkan latar buku GPU dalam foto bekalku dan ditambah caption menarik.

Hasilnya??
Tadaaaa... Aku menang. Sunguh gak percaya banget aku bisa menang. Ternyata yang menang adalah yang bekalnya sederhana. Hahaha...
Jadi, sederhana bukanlah sesuatu yang buruk. Yang penting ingat... UNIK.

c. Carilah inspirasi dari mana pun, termasuk karya peserta lainnya.
Jika kamu tidak punya ide atau sedang buntu, maka tidak ada salahnya melihat hasil karya peserta lain yang sudah ikutan. Jangan tergesa-gesa untuk langsung ikut pada hari pertama atau kedua, kecuali kamu sudah punya ide yang unik dan keren. Dengan membaca atau melihat karya peserta lain, bisa memberikan inspirasi bagimu, juga bisa melihat hal-hal unik yang belum diikutkan oleh peserta lain.
Jangan takut idemu habis atau ide itu tidak ada. Banyak kok ide-ide yang tersebar di manapun dan siap kamu temukan kapanpun. Jangan menyerah untuk mencari ide tersebut, karena bisa saja ide itu datang tiba-tiba.

Nah, karena alasan inilah terkadang aku mengirimkan karya menjelang batas akhir pengiriman karya/jawaban. Tapiii, jangan lupa tenggat waktunya ya, kalau sampai terlewat kan sia-sia walaupun kamu punya ide terunik atau terhebat sekalipun :)

d. Seringlah latihan dan mengikuti kuis lainnya. Jangan menyerah walaupun sering gagal. begitu menang sekali, maka biasanya diikuti oleh kemenangan lainnya. Aku juga sering kok gagal :P

e. Berdoa tentu saja jangan sampai dilupakan.


Oh iya, sebagai tambahan kamu juga bisa menggunakan trik mengenal penyelenggara kompetisi. Cari tahu karya-karya atau jawaban yang disukai penyelenggara dan kalau bisa kirimkan karya/jawaban yang dimaui oleh mereka.
Hal ini bisa kamu lihat dari jawaban/karya sebelumnya yang terpilih sebagai pemenang.
Masih idealis ingin karya/jawaban sendiri? Boleh sih. Tapi, kamu ingin memperbesar peluang menang kan?
Tinggal sesuaikan saja dengan jawaban atau karya yang ingin kamu buat.
Nah, demikianlah tips singkat dariku jika ingin memperbesar peluangmu untuk menang kuis buku/foto. Jangan pernah menyerah ya...
Semoga bermanfaat :)

----

Regards,
M. Sulhan Habibi

*tumben ketik status panjang begini
*lagi semangat soalnya

*Lain kali aku mau cari kuis berhadiah rumah, mobil, atau uang tunai deh. Siapa tau rezeki. Rezeki itu ada juga yang harus dijemput sendiri. Hahaha...

7 komentar:

  1. Selamat atas kemenangannya mas..
    kalo ada lomba lagi kasih tau dong..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah..
      Tumben komen lagi mb. Yen. Hehehe..
      alhamdulillah rezeki masih buatku.

      Oke deh, nanti kalau ada info-info aku kasi tau ya :)

      Hapus
  2. Selamat ya atas kemenangannya dan makasih udah share tipsnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih dan semoga kita makin semangat ikut giveaway.

      Semoga besok2 aku juga bisa ngadain giveaway di blog atau sosmed milikku sendiri 😁

      Hapus
  3. Aku ikut dua kuis yang diikutin mas juga. Yang tadarus buku dari penerbit Mizan sama giveaway tru&nelle. Walaupun kalah di giveaway tru&nelle, tapi Alhamdulillah aku berhasil di tadarus buku. Waaah, aku baru pertama kali menang kuis loh mas hahaha. Sebenarnya foto dan caption yang kubikin memang sangat standar, mungkin menang karena rutin nge post selama 10 hari itu. Lah aku kok jadi curhat ya? Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, menang juga yang hadiah kejutan di #tadarusbuku ya? Selamat ya.
      Menang kuis buku dan dapat buku gratis itu memang sangat menyenangkan. Rasanya pasti ketagihan.
      Sering-sering aja ikut.
      Bulan Juli aku gak menang sama sekali, Agustus ada menang satu.
      Sekarang malah agak jarang ikut kuis lagi, ada kesibukan lain sih, tapi masih kadang-kadang sempatin ikut kalau gak sibuk :)

      Hapus
  4. Terimakasih banyak sdh meluangkan waktu dan pikiran yg sangat menginspirasi dan bermanfaat sekali tips dan sarannya . Sukses selalu kak !

    BalasHapus